SEBELAS KARAKTER IBAADUR RAHMAAN

Gambar
SEBELAS KARAKTER IBAADUR RAHMAAN (QS. AL FURQON AYAT 63-77) =========== 🌷 *PENDAHULUAN* Allah menceritakan sosok hamba-hamba teladan kepada kita untuk kita tiru kebaikan mereka, agar kita mendapatkan pahala dan kedudukan yang sama dengan mereka. Allah berfirman : “Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka, dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya. Mereka kekal di dalamnya. Surga itu sebaik-baik tempat menetap dan tempat kediaman.” Mereka itulah yang dikenal dengan IBAADUR RAHMAN (Hamba-Hambanya Allah Yang Maha Pengasih). Allah menyebutkan SEBELAS KARAKTER/ CIRI mereka dengan rinci di dalam Al-Qur’an (QS. Al-Furqan : 63-77). 1️⃣ CIRI PERTAMA: *Rendah hati dan menyikapi kebodohan orang dengan cara yang baik* وَعِبَادُ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى ٱلْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ ٱلْجَٰهِلُونَ قَالُوا۟ سَلَٰمًا Allah berfirman (yang artinya), “Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha

Biografi Syaikh Shalih Al Fauzan



Beliau adalah yang mulia Syaikh Dr. Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al Fauzan hafidhahullah. Beliau berasal dari Alu Fauzan, penduduk Asy Syamasiyyah (sebuah daerah di sebelah timur propinsi Al Qashim, Arab Saudi), generasi Al Wadda’in dari kabilah Ad Dawasir.
Jabatan            :
·         Anggota Al Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta   (Komite Tetap untuk Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi)
·         Anggota Haiah Kibaril ‘Ulama (Lembaga Ulama Senior Arab Saudi)
Tanggal penetapan : 15-7-1412 H (1992 M)
Beliau juga menjadi dosen tetap di Universitas Al Imam Muhammad bin Su’ud Al Islamiyyah, Riyadh.
Pertumbuhan dan Masa Belajar Beliau
Beliau dilahirkan pada tahun 1363 H/1944 M. Ayah beliau meninggal ketika beliau masih kecil sehingga beliau diasuh oleh keluarga beliau. Beliau belajar Al Quran serta dasar-dasar membaca dan menulis kepada imam masjid di daerah beliau. Imam masjid tersebut adalah seorang yang keilmuannya kokoh, yaitu yang mulia Syaikh Hamud bin Sulaiman at Talal rahimahullah, yang kemudian menjadi hakim di Kota Dhariyyah di propinsi Al Qhasim.
Syaikh Shalih Al Fauzan kemudian belajar di sekolah negeri ketika baru dibuka di Asy Syamasiyyah pada tahun 1369 H/1949 M. Beliau menyelesaikan pendidikan-pendidikan dasar di sekolah Al Faishaliyyah di Buraidah pada tahun 1371 H/1951 M. Kemudian, beliau ditugaskan sebagai guru Sekolah Dasar. Selanjutnya, beliau belajar di Al Ma’had Al ‘Ilmi di Buraidah ketika baru dibuka pada tahun 1373 H/1953 M, dan lulus di tahun 1377 H/1957 M. Beliau kemudian belajar di Fakultas Syari’ah (Universitas Al Imam Muhammad bin Su’ud) di Riyadh, dan lulus pada tahun 1381 H/1960 M. Setelah itu, beliau memperoleh gelar master di bidang Fiqih, kemudian gelar doktor dari fakultas yg sama, juga dalam spesialis bidang Fiqih.

Tugas-Tugas Beliau :
Setelah lulus dari Fakultas Syari’ah, beliau ditugaskan sebagai dosen di Al Ma’had Al ‘Ilmi di Riyadh, kemudian beralih menjadi pengajar di Fakultas Syari’ah. Selanjutnya, beliau ditugasi mengajar di pendidikan tinggi pada Fakultas Ushuluddin. Kemudian beliau mengajar di Ma’had Al ‘Ali Lil Qadha’ (Sekolah Tinggi Ilmu Kehakiman di Universitas Al Imam Muhammad bin Su’ud). Selanjutnya, beliau ditetapkan sebagai pimpinan di Ma’had tersebut. Beliau lalu kembali mengajar di sana setelah berakhirnya masa kepemimpinan beliau. Selanjutnya, beliau ditetapkan sebagai anggota Al Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta sampai sekarang.

Profesi Beliau yang Lain
Syaikh Shalih Al Fauzan juga merupakan anggota Haiah Kibaril ‘Ulama, anggota Al Majma’ Al Fiqhi Al Islami (Komite Fiqih Islam) di Mekkah yang merupakan bagian dari Rabithah Al ‘Alam Al Islami. Beliau juga termasuk anggota Lajnah Al Isyraf (Komite Pembimbingan) Para Da’i untuk Musim Haji, dan anggota Al Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta. Beliau juga merupakan imam, khatib, dan pengajar di Masjid Al Amir Mut’ib bin Abdul Aziz Alu Su’ud di daerah Al MiIaz.
Beliau pun turut serta dalam acara tanya jawab “Nur ‘Ala Ad Darb” di radio. Sebagaimana beliau juga memiliki andil dalam berbagai bidang ilmiah dalam bentuk pembahasan, penelitian, risalah, dan fatwa. Sebagiannya telah disusun dan dicetak. Beliau juga menjadi pembimbing karya ilmiah dalam dua gelar, yaitu master dan doktor.
Banyak yang belajar kepada beliau dari kalangan penuntut ilmu yang senantiasa hadir pada majelis-majelis dan pelajaran-pelajaran beliau yang terus berkelanjutan.

Guru-Guru Beliau
Beliau berguru kepada beberapa ulama dan fuqaha terkemuka, yang paling masyhur di antara mereka adalah :
1.    Samahatusy Syaikh Abdul Aziz bin Baz,
2.    Syaikh ‘Abdullah bin Humaid, yang mana Syaikh Shalih Al Fauzan menghadiri pelajaran-pelajaran beliau di Masjid Jami’ Buraidah.
5.    Syaikh Shalih bin ‘Abdurrahmaan As Sukaiti,
6.    Syaikh Shalih bin Ibrahim Al Bulaihi,
7.    Syaikh Muhammad bin Subayil,
8.    Syaikh ‘Abdullah bin Shalih Al Khulaifi,
9.    Syaikh Ibrahim bin ‘Ubaid Al ’Abdul Muhsin,
10. Syaikh Hamud bin ‘Uqala, dan
11. Syaikh Shalih Al ’Ali An Nashir, rahimahumullah (semoga Alloh merahmati mereka).
Selain kepada mereka, beliau juga pernah belajar kepada sejumlah ulama dari Universitas Al Azhar Mesir yang mumpuni dalam bidang hadits, tafsir, dan Bahasa Arab.

Karya Tulis Beliau
Beliau memiliki banyak karya tulis, di antara yang paling menonjol adalah :
1.    At Tahqiqat Al Mardhiyyah Fil Mabahits Al Fardhiyyah, yang membahas tentang hukum waris, dan merupakan karya ilmiah beliau dalam gelar master.
2.    Ahkam Al Ath’imah Fi Asy Syari’ah Al Islamiyyah, yang merupakan karya ilmiah beliau dalam gelar doktor.
3.    Al Irsyad Ila Shahihil I’tiqad,
4.    Syarh Al ‘Aqidatul Wasithiyyah,
5.    Al Bayan Fima Akhtha’a Fihi Ba’dhul Kuttab
6.    Majmu’ Muhadharat Fil ‘Aqidah Wad Da’wah
7.    Al Khuthab Al Minbariyyah Fil Munasabat Al ‘Ashriyyah
8.    Min A’lam Al Mujaddidin Fil Islam
9.    Majmu’ Fatawa Fil ‘Aqidah Wal Fiqh, disarikan dari rekaman tanya jawab dalam acara “Nur ‘Alad Darb” di radio
10. Naqd Kitab Al Halal Wal Haram Fil Islam
11. Syarh Kitabut Tauhid karya Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab
12. At Ta’qib ‘Ala Ma Dzakarahu Al Khathib Fi Haq Asy Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab
13. Al Mulakhkhas Al Fiqhi
14. Ithaf Ahlil Iman Bi Durus Syahri Ramadhan,
15. Adh Dhiya’ul Lami’ Min Al Ahadits Al Qudsiyyah Al Jawami’
16. Bayan Ma Yaf’aluhu Al Hajj Wal Mu’tamir
17. Kitabut Tauhid, terdiri dari dua jilid, dan ditetapkan sebagai buku panduan di tingkat Tsanawiyyah (setingkat SMU) oleh Departemen Pendidikan Arab Saudi.
18. Risalah dalam berbagai tema yang berbeda.
19. Beberapa fatwa dan makalah yang dimuat di Majalah Ad Da’wah, dan itu juga yang disebarkan dalam Kitab Ad Da’wah.
20.  Di samping itu juga ada beberapa kitab, pembahasan dan risalah ilmiah. Di antaranya ada yang telah dicetak, dan di antaranya ada yang sedang dalam proses cetak.
Kita memohon kepada Alloh ta’ala agar memberi manfaat dengan karya tulis-karya tulis tersebut, dan menjadikannya di dalam timbangan kebaikan beliau. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan Doa.
Penulis biografi ini : Abdul Aziz bin Abdul Karim Al ‘Isa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SYARH HADITS ALLAH PUN CEMBURU

Tabir Pembatas di Dalam Masjid