SEBELAS KARAKTER IBAADUR RAHMAAN

Gambar
SEBELAS KARAKTER IBAADUR RAHMAAN (QS. AL FURQON AYAT 63-77) =========== 🌷 *PENDAHULUAN* Allah menceritakan sosok hamba-hamba teladan kepada kita untuk kita tiru kebaikan mereka, agar kita mendapatkan pahala dan kedudukan yang sama dengan mereka. Allah berfirman : “Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka, dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya. Mereka kekal di dalamnya. Surga itu sebaik-baik tempat menetap dan tempat kediaman.” Mereka itulah yang dikenal dengan IBAADUR RAHMAN (Hamba-Hambanya Allah Yang Maha Pengasih). Allah menyebutkan SEBELAS KARAKTER/ CIRI mereka dengan rinci di dalam Al-Qur’an (QS. Al-Furqan : 63-77). 1️⃣ CIRI PERTAMA: *Rendah hati dan menyikapi kebodohan orang dengan cara yang baik* وَعِبَادُ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى ٱلْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ ٱلْجَٰهِلُونَ قَالُوا۟ سَلَٰمًا Allah berfirman (yang artinya), “Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha

DI ANTARA DAMPAK NEGATIF BID'AH TERHADAP AGAMA

 

Al-Allamah Muhammad bin Sholeh Al-Utsaimin-rahimahullah-menuturkan :

"Bahwa barangsiapa yang ingin menguatkan agamanya dengan kebid'ahan, maka kerusakannya lebih banyak dibanding manfaatnya.

Misalnya, orang-orang yang berlebihan terhadap Rasulullah shallalahu alaihi wasallam, dan melakukan maulid untuk beliau, serta mereka menginginkan kebaikan dengan maulid tersebut, tetapi mereka ingin kebaikan melalui bid'ah tersebut, sehingga menghasilkan mudhorat yang lebih banyak dari manfaatnya, karena hal tersebut membuat orang sibuk terhadap perkara yang tidak disyariatkan pada waktu tertentu, kemudian mengakibatkan kelesuan yang tidak disyariatkan disisa tahun itu.

Oleh karena itu, anda akan menjumpai mereka yang berlebih-lebihan terhadap bid'ah ini, lesu (malas) terhadap perkara yang jelas-jelas disyariatkan, tidak seperti semangat orang lain. Hal ini menunjukkan dampak berbagai bid'ah terhadap hati, meskipun para pelaku bid'ah menghiasinya, namun hanya membuat manusia semakin tersesat.


أن من أراد تقوية دينه ببدعة، فإن ضررها أكثر من نفعها. مثال ذلك : أولئك الذين يغلون في الرسول صلى الله عليه وسلم ويجعلون له الموالد، هم يريدون بذلك خيرا، لكن أرادوا خيرا بهذه البدعة، فصار ضررها أكثر من نفعها، لأنها تعطى الإنسان نشاطا غير مشروع في وقت معين، ثم يعقبه فتور غير مشروع في بقية العام.
ولهذا، تجد هؤلاء الذين يغالون في هذه البدع فترين في الأمور المشروعة الواضحه ليسوا كنشاط غيرهم، وهذا مما يدل على تأثير البدع في القلوب، وأنها مهما زينها أصحابها، فلا تزيد الإنسان إلا ضلالا...


___________________
📚 Al-Qoulul Mufid : 1/237.


══════ ❁✿❁ ══════
📝 Alih Bahasa :
Hilal Abu Naufal

Mari bergabung & menyebarkan Dakwah Tauhid dan Sunnah bersama kami :
🔃 Join :
📮 t.me/hilalpalopo
📮 t.me/assunnah_palopo
🌐 Web: palopomengaji.com
🌎 fb.me/palopomengaji
📳 twitter.com/palopomengaji
🖼️ instagram.com/hilal_abunaufal
🖼️ instagram.com/palopomengaji

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tabir Pembatas di Dalam Masjid

Aku Harus Sabar dalam Menuntut Ilmu