Kebersihan adalah Sebagian dari Iman?



Pertanyaan : Apakah ucapan- ucapan berikut  termasuk hadits?
صوموا تصحوا (Berpuasalah, niscaya kalian akan sehat)
النظافة من الإيمان (Kebersihan adalah sebagian dari iman)

Jawaban :

Ya, telah datang dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam hadits :
صوموا تصحوا (Berpuasalah, niscaya kalian akan sehat), dan tidak ada masalah pada hadits itu. Demikian juga telah datang dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa beliau berkata :
النظافة من الإيمان (Kebersihan adalah sebagian dari iman)
Akan tetapi hadits tersebut adalah hadits yang lemah. Namun maknanya benar. Maknanya datang dalam hadits-hadits yang lain. Hadits tersebut diriwayatkan oleh At Tirmidzi dengan sanad yang lemah, tidak shahih. Tentang makna hadits tersebut, telah datang dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa termasuk cabang keimanan adalah menyingkirkan gangguan dari jalan. Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam juga mengabarkan bahwa beliau melihat pada pahala-pahala umat beliau – ketika diperlihatkan kepada beliau pahala-pahala umat beliau- ada pahala kotoran yang dikeluarkan oleh seseorang dari dalam masjid. Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam juga berkata :

إن الله جميل يحب الجمال

"Sesungguhnya Alloh itu indah dan menyukai keindahan."
Dan disyariatkan mandi karena junub, ketika akan pergi menuju shalat jum'at, juga disyariatkan memandikan jenazah, pada semua perkara ini ada kebersihan. Dan pada makna yang lain ada at tathir (pensucian). Maksudnya bahwa banyak dalil yang menunjukkan disyariatkannya kebersihan dari berbagai macam kotoran, dan bahwa seorang mu'min tidaklah meninggalkan kotoran pada pakaian dan badannya, bahkan ia akan membersihkannya. Demikian pula di jalan-jalan, dia akan menyingkirkan gangguan dari jalan, agar kaum muslimin tidak terganggu dengannya.

Sumber : http://www.binbaz.org.sa/mat/18357
 
Share on Google Plus

About abdurrohim

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: